Questions? Call Us.

Toll Free: 1-800-517-3005
Mon-Fri 8am to 5pm (Pacific Time)
Welcome Guest!
Log In  /  Join Us
waka waka Interferometer Michelson
Back To Blogs List
Interferometer Michelson adalah salah satu jenis dari interferometer, adalah suatu peralatan yang dipakai untuk menghasilkan suatu pola interferensi. Interferometer Michelson merupakan peralatan yang sangat umum dipakai dalam mengukur pola interferensi untuk segi optik yang ditemukan oleh Albert Abraham Michelson. Suatu pola interferensi dihasilkan dengan membagi seberkas cahaya menggunakan suatu peralatan yang bernama pembagi sinar (beam splitter). Interferensi terjadi ketika dua buah cahaya yang telah dibagi digabungkan kembali. Seperti halnya celah ganda Young, interferometer Michelson mengambil cahaya monokromatik yang berasal dari suatu sumber tunggal dan membaginya ke dalam dua gelombang yang mengikuti lintasan-lintasan yang berbeda. Interferometer ini dipakai oleh Michelson untuk percobaan Michelson-Morley bersama dengan Edward Morley.[1] Dalam satu versi percobaan Michelson-Morley, interferometer menggunakan cahaya bintang untuk sumber cahaya. Cahaya bintang adalah cahaya yang memiliki koherensi temporal, namun titik sumber cahaya itu memiliki koherensi spasial dan akan menghasilkan suatu pola interferensi.

Suatu interferometer Michelson terdiri atas dua buah cermin adalah M1 dan M2. Sumber cahaya S memancarkan cahaya monokromatik yang selanjutnya dibagi oleh pembagi sinar (beam splitter) M di titik C, di mana pembagi sinar (beam splitter) ini berupa cermin setengah-perak. M bersifat setengah reflektif, sehingga berkas cahaya berada yang dipantulkan dan berada yang diteruskan. Berkas yang dipantulkan menuju ke titik A sehingga terpantul kembali oleh M1 dan berkas yang diteruskan menuju ke titik B sehingga terpantul oleh M2. Kedua berkas tsb bersatu kembali di titik C' sehingga terbentuk pola interferensi yang tampak oleh pengamat di titik E (detektor).

Aplikasi
Aplikasi yang sangat terkenal dari interferometer Michelson adalah percobaan Michelson-Morley yang memberikan bukti untuk relativitas khusus. Namun interferometer Michelson dapat pula dipakai untuk berbagai jenis aplikasi yang berbeda.

Interferometer Michelson telah dipakai untuk mendeteksi gelombang gravitasi untuk inti spektroskopi transformasi Fourier. Berada pula sebagian aplikasi menarik untuk instrumen "nulling" yang dipakai untuk mendeteksi planet di lebih kurang bintang-bintang terdekat.

Suatu aplikasi lebih lanjut untuk menghasilkan interferometer delay line yang mengubah modulasi fase ke modulasi amplitudo di jaringan DWDM. Interferometri astronomi pada prinsipnya menggunakan interferometer Michelson (dan kadang-kadang jenis lain).

Aplikasi lain dari interferometer Michelson adalah pada OCT (optical coherence tomography) yang merupakan teknik pencitraan medis.


Post a New Comment
Name:
7 + 9 =  <-- Please solve this simple math problem to post a comment.

Comments

View Profile   By Milo Pitmon   1 year ago




. fuzz
fuzz
fuzz
fuzz